POPULER

Tingkatkan Kualitas Penelitian dan Pengabdian Dosen, Unisri Surakarta Gelar Pelatihan Reviewer Internal

Tingkatkan Kualitas Penelitian dan Pengabdian Dosen, Unisri Surakarta Gelar Pelatihan Reviewer Internal

WARTAJOGLO, Solo - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) menggelar pelatihan Reviewer Internal, untuk kalangan dosen.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh para dosen di lingkungan kampus Unisri.

Pelatihan digelar pada Senin 19 Februari 2024 di Ruang Seminar Gedung H Lantai 5 Unisri.

Lebih dalam Ketua LPPM Unisri, Yannie Asrie Widanti, STP, M.Gizi, M.Pd menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada para reviewer internal, agar dapat melakukan proses review proposal dan hasil penelitian/pengabdian dosen dengan baik.

Rektor Unisri, Prof Sutoyo memberikan kenang-kenangan kepada Prof Enande dalam kegiatan  pelatihan Reviewer Internal

Yang dalam hal ini sesuai standar Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Acara dibuka oleh Rektor, Prof. Dr. Drs. Sutoyo, M.Pd., yang dalam sambutannya mendorong dosen-dosen UNISRI untuk terus mengembangkan kapasitas diri dalam bidang penelitian dan pengabdian, serta terus produktif menghasilkan luaran-luaran publikasi pada jurnal-jurnal bereputasi. 

"Ke depan, penting sekali membentuk tim riset untuk mengembangkan tema-tema penelitian yang relevan dengan perkembangan jaman dan sesuai dengan situasi kondisi masyarakat saat ini," jelas Prof Sutoyo.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber yang sangat kompeten, yakni Prof. Apt. Enade Perdana Istyastono, Ph.D. , Reviewer Penelitian Universitas Sanata Dharma, yang telah berpengalaman di bidang penelitian bersama DRTPM. 

Prof Enande juga menjadi bagian dari tim penyusun Panduan Penelitian dan Pengabdian tahun 2024 DRTPM. 

Dalam keterangannya, Prof. Enade menyampaikan mengenai standar kualitas penelitian berbasis luaran dan bagaimana seharusnya LPPM mengembangkan Panduan Penelitian dan Pengabdian internal yang lengkap, dengan matriks penilaian yang mempermudah kinerja reviewer. 

"Kualitas penelitian/pengabdian dosen akan sangat berpengaruh pada kualitas luaran yang berupa publikasi artikel maupaun Hak Kekayaan Ilmiah (HKI). Penelitian yang berkualitas akan lebih mudah diterbitkan dalam Jurnal terakreditasi Sinta 1-2 ataupun Jurnal internasional bereputasi," ujarnya. //Ril

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close