TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Breaking News

Long Weekend Waisak, Segini Kenaikan Jumlah Penumpang di Terminal Tirtonadi Solo

WARTAJOGLO, Solo - Momen libur Hari Raya Waisak pada Kamis, 23 Mei 2024, yang diikuti oleh cuti bersama pada hari Jumat, menciptakan momen libur panjang yang dimanfaatkan oleh masyarakat, untuk bepergian. 

Terminal Tirtonadi Solo mencatat peningkatan cukup signifikan dalam jumlah penumpang, baik kedatangan maupun keberangkatan. 

Menurut Bandiyono, Pengawas Satuan Pelayanan (Wassatpel) Terminal Tirtonadi Solo, jumlah kedatangan penumpang mengalami peningkatan dari rata-rata harian sekitar 6.000 menjadi 7.104 penumpang pada hari Rabu 22 Mei 2024. 

"Untuk long weekend ini memang ada kenaikan, dari rata-rata kedatangan di angka 6000 penumpang, tercatat hingga Rabu (22/5/2024) kemarin, terjadi kenaikan hingga 7.104 penumpang. Sedangkan untuk keberangkatan pada hari yang sama mencapai 6.022 penumpang. Cukup ada kenaikan," ujarnya pada Kamis 23 Mei 2024.

Suasana di Terminal Tirtonadi Solo pada libur Waisak

Meskipun terjadi peningkatan cukup signifikan pada libur Hari Raya Waisak, angka ini masih tidak setinggi saat long weekend Hari Raya Kenaikan Yesus Kristus pada 9 Mei 2024 lalu. 

Di mana pada periode tersebut, Terminal Tirtonadi mencatat kedatangan penumpang mencapai 8.115 dan keberangkatan penumpang sebanyak 8.424 orang.

Bandiyono menambahkan saat ini Terminal Tirtonadi juga menjadi lokasi parkir bagi bus pariwisata pengantar jamaan calon haji, yang akan menuju Masjid Syeikh Zayeed. Meski begitu hal ini tidak terlalu menyumbang kenaikan jumlah penumpang yang signifikan.

"Kalau untuk pengantar jamaah calon haji memang cukup banyak yang masuk ke Tirtonadi, tetapi angkanya juga tidak terlalu signifikan. Tercatat paling tinggi di hari Jumat-Sabtu-Minggu, dengan jumlah armada 17-20 bus." pungkasnya.

Di sisi lain, Pengurus Bus EKA Cepat, Arifin, saat dijumpai sejumlah awak media mengaku ada kenaikan jumlah penumpang hingga 20%.

"Kalau kemarin Rabu (22/5/2024) sore hingga malam ada kenaikan. Mungkin sampai 20% kenaikannya. Tadi pagi Kamis (23/5/2024) penumpang juga cukup baik. Tetapi siang ini mulai normal kembali," katanya.

Sementara itu, pengurus Agramas Terminal Tirtonadi Solo, Mujiyanto mengatakan, untuk PO Agramas sendiri mengalami kenaikan pada long weekend kali ini. 

Dirinya mengatakan untuk PO Agramas tidak mengalami kenaikan harga, meskipun banyak permintaan tiket.

"Ada kenaikan penumpang memang, sejak Rabu kemarin, untuk tujuan Pondok Pinang, Pasar Rebo, Cililitan, cukup banyak. Tetapi ini tidak mempengaruhi harga, artinya harga masih tetap standar seperti hari biasa meskipun banyak permintaan," ujar dia. //Bang

Type above and press Enter to search.

close