TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Breaking News

Sosialisasi Pentingnya Multiple Intelligence dan Pemanfaatan Media Digital, Tim PKM Prodi PBI Unisri Bidik Anggota PKK

WARTAJOGLO, Solo -Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta mengadakan sosialisasi tentang pentingnya multiple intelligence (kecerdasan jamak) serta pemanfaatan media digital (video), dalam pengenalan bahasa Inggris bagi para anggota PKK RW 01 Kelurahan Sangkrah.

Sosialisasi yang digelar tanggal 13 hingga 18 Mei 2024 itu dinilai penting dilakukan karena banyak anggota PKK RW 01 belum mengetahui tentang multiple intelligence (kecerdasan jamak).

Selama ini, para anggota PKK menganggap bahwa anak dipandang cerdas apabila mahir di bidang matematika. Padahal, semua anak dilahirkan dengan kecerdasan yang berbeda-beda. 

Tim PKM Prodi PBI Unisri Adakan Sosialisasi Pentingnya Multiple Intelligence dan Pemanfaatan Media Digital

Sehingga oleh Howard Gardner (seorang pakar pendidikan dan psikologi dari Amerika) karakteristik dari kecerdasan anak yang berlainan tersebut dibedakan kedalam 9 kategori,

9 kategori tersebut di antaranya:  kecerdasan bahasa, kecerdasan visual dan spasial, kecerdasan musikal, kecerdasan logika matematika, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intra personal, kecerdasan kinestetik, kecerdasan naturalis, dan kecerdasan eksistensial.

Oleh sebab itu, dari sosialisasi tersebut para anggota PKK RW 01 dapat memahami dan mengerti kelebihan atau kecerdasan anak-anak mereka dan dapat mengasah kelebihan dari anak-anak mereka sesuai dengan bakatnya. 

Selain memberikan sosialisasi tentang pentingnya multiple intelligence, dilakukan pula pelatihan tentang pemanfaatan media digital seperti menggunakan media Quizziz dalam pengenalan bahasa Inggris. Quizziz dapat diakses melalui internet atau diunduh dari Play Store.

Dari kegiatan pemanfaatan dan latihan menggunakan media Quizziz ini, diharapkan para anggota PKK RW 01 dapat mengarahkan dan membimbing anak-anak mereka dalam menggunakan gawai untuk belajar mengenal bahasa Inggris atau belajar materi yang lain, dengan cara yang menyenangkan. Karena Quizziz ini dikemas dalam bentuk permainan. 

"Dalam kegiatan ini para anggota PKK RW 01 Kelurahan Sangkrah sangat bersemangat dan antusias mengikuti," kata Dr. Ch. Evy Tri Widyahening, M.Hum Ketua Prodi PBI dalam siaran pers, Rabu 22 Mei 2024. 

Di akhir kegiatan PKM itu, Ketua PKK RW 01 Sangkrah, Veronica Endriana, memberi apresiasi terhadap kegiatan yang sangat bermanfaat itu. 

Menurut dia, kegiatan PKM ini terasa 'hidup' dan para anggota sangat antusias dan bersemangat mengikuti jalannya kegiatan dengan berpartisipasi dalam tanya jawab maupun latihan yang diberikan. Dia juga berharap diadakan kegiatan lanjutan di tingkat PKK kelurahan. //Hum 

Type above and press Enter to search.

close