POPULER

Pasca Perdamaian, Gusti Moeng Tegaskan Posisi Panembahan Agung Tedjowulan di Keraton

Pasca Perdamaian, Gusti Moeng Tegaskan Posisi Panembahan Agung Tedjowulan di Keraton

WARTAJOGLO, Solo - Pasca berhasil bertemu dengan Sinuhun Paku Buwono XIII, Ketua Lembaga Dewan Adat keraton Surakarta Hadiningrat, GKR Wandansari atau yang akrab disapa Gusti Moeng segera menyusun serangkaian rencana untuk keraton ke depan.

Agenda terdekat yang disebutkan adalah upacara Tingalan Jumenengan Sinuhun PB XIII, yang rencananya akan digelar pada Februari mendatang.

Sementara terkait reorganisasi pengageng atau bebadan di dalam tubuh keraton, adik Sinuhun PB XIII ini menyebut hanya akan menambahkan guna mengisi beberapa kursi yang kosong.

Gusti Moeng saat berbincang dengan para kerabat di dalam Keraton Surakarta Hadiningrat

"Kalau penyusunan ulang tidak ada. Jadi hanya menambah beberapa untuk mengisi yang kosong. Karena kita tahu ada beberapa gusti yang sudah seda (wafat, red) sehingga jabatannya kosong," jelasnya saat ditemui di dalam keraton pada Rabu 4 Januari 2023 siang.

Gusti Moeng juga menjelaskan bahwa dirinya akan tetap mengisi jabatan Pengageng Sasana Wilapa, yang memiliki tugas mengurusi administrasi serta hubungan dengan pihak luar keraton.

"Selama ini kan posisi saya sebagai Pengageng Sasana Wilapa. Jadi ya nanti akan tetap di posisi itu," lanjutnya.

Pembicaraan lebih lanjut terkait langkah-langkah yang akan ditempuh, rencananya akan kembali dijalin dengan pihak Sinuhun....>>

BACA SELENGKAPNYA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close